Monday, January 28, 2019
UX DESIGNER
di artikel ini, saya ingin menunjukkan kepada Anda bahwa dengan mempelajari tentang batasan teknis & aspek pengembangan, Anda akan dapat menyertakan lapisan tambahan yang berharga untuk pekerjaan desain Anda & untuk berkolaborasi dengan pengembang secara lebih efektif.
Mengapa mempelajari dasar-dasar pengembangan itu penting?
Jika Anda seorang perancang UX (perancang interaksi, perancang produk, perancang layanan, perancang UI - label Anda tidak terlalu penting), kemungkinan besar Anda sedang mengerjakan produk atau layanan digital. Dengan kata lain, Anda membuat produk perangkat lunak.
Menurut pengalaman saya, ini adalah fakta yang sering diabaikan: Anda, sebagai desainer, berkontribusi pada proses pengembangan perangkat lunak. Dan tanpa mengetahui apa yang ada di balik tudung, Anda tidak akan dapat membuat keputusan desain yang terinformasi.
Secara historis pekerjaan desain dilakukan oleh pengembang produk perangkat lunak. Melibatkan desainer secara efektif merupakan tantangan besar. Di satu sisi, sulit untuk sepenuhnya mengintegrasikan kegiatan desain, dan tetap menyelaraskan desain dan pengembangan. Di sisi lain, di sebelah aspek proses pengembangan produk, Anda dapat berpikir tentang integrasi ini di tingkat yang lebih rendah: setiap peserta dari proses pengembangan perangkat lunak harus memahami apa yang mereka bangun. Dan ini adalah salah satu alasan mengapa pertanyaan terkenal "Haruskah desainer belajar kode?" Telah diajukan berkali-kali baru-baru ini.]
Saya percaya bahwa ini bukan pertanyaan yang bagus. Inilah beberapa yang lebih baik:
Haruskah desainer memahami biaya, risiko, trade-off dari keputusan desain?
Haruskah desainer tahu cara kerja pengembang, tantangan apa yang mereka hadapi, apa tugas utama mereka?
Dan jawabannya adalah: ya! Tentu saja memahami dasar-dasar dan kemampuan misalnya Javascript mungkin menjadi nilai tambah dalam beberapa kasus, tetapi itu tidak berarti bahwa Anda harus belajar menulis kode siap produksi.
Baik desainer maupun pengembang memiliki kompetensi dan tanggung jawab inti mereka. Anda bekerja bersama, Anda memiliki tujuan yang sama, Anda berdedikasi untuk proyek yang sama, Anda bekerja sama sebanyak mungkin. Namun, Anda harus saling menghormati pengetahuan dan keahlian.
Desain tidak boleh diubah menjadi desain oleh komite, dan desainer tidak boleh memberikan instruksi kepada pengembang tentang cara menulis kode mereka.
Saya percaya bahwa hal yang paling penting adalah membangun rasa saling percaya: pengembang harus tahu bahwa Anda memahami risiko, biaya, trade-off dari keputusan desain, sehingga Anda tidak akan menanyakan hal-hal yang tidak masuk akal, dan Anda akan merasa bahwa mereka menang ' t mencoba menghindari penyelesaian masalah yang lebih kompleks.
Jadi, alih-alih mempelajari cara membuat kode, Anda harus melakukannya
memahami dasar-dasar pembangunan dan
bekerja sama erat dengan pengembang.
Memahami kendala teknis utama, batasan, dan aspek pengembangan yang paling penting bermanfaat bagi setiap desainer, apakah Anda seorang freelancer atau karyawan yang bekerja di sebuah startup kecil, di agensi atau di organisasi besar.
Mempelajari cara berkolaborasi secara efektif bermanfaat bagi para perancang yang bekerja dalam tim atau dengan profesional lain secara teratur. Dan ini adalah bagaimana kedua tujuan ini berkaitan erat: memahami kendala teknis dan aspek pengembangan akan membantu Anda meningkatkan cara Anda bekerja sama dengan pengembang.